Sarang walet benar-benar sangat populer dan begitu tinggi harga dari sarang walet. untuk memperoleh harga yang lebih tinggi umumnya sarang walet di pasarkan dalam kondisi telah bersih atau udah siap dimasak. disinilah perlu mengetahui cara mencuci sarang walet yang benar agar hasilnya lebih bagus. sarang yang sudah bersih dari sari kotoran serta bulu-bulu yang melekat juga akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada nilai jual sarang walet yang masih kotor. yang mana asalmu asal sarang walet berasal dari air liur walet.

Sehabis memanen sarang burung walet, langkah setelah itu yaitu melalui langkah pencucian yang memerlukan perlakuan khusus yang mencakup penyortiran serta pencucian hasil panen. Maksud pencucian ini yaitu untuk membersihkan sarang walet dari kotoran serta bulu-bulu yang melekat pada sarang.

cara mencuci sarang walet yang benar

Hasil panen yang didapat dibuat bersih dari kotoran-kotoran dan bulu-bulu yang melekat lalu dikerjakan pemisahan pada sarang walet yang bersih serta sarang walet yang masih kotor. Kemudian dilakukan penyortiran berdasar pada kualitasnya dari sarang tersebut lalu dilakukan pengemasan untuk di pasarkan ke pembeli.

Dalam pencucian sarang walet sendiri Ada dua cara pencucian, langkah yang pertama yaitu dengan memakai cara pencucian dalam skala kecil serta yang ke-2 yaitu cara pencucian dengan skala yang besar besar.

Ke-2 cara ini benar-benar berlainan, perbedaannya yaitu apabila dengan cara dengan skala yang kecil berarti cuma membersihkan sarang walet yang jumlahnya cuma sedikitserta perlengkapan yang dipakai juga memakai perlengkapan yang cukupsederhana.

Untuk pencucian dengan skala yang besar yang dilakukan distributor sarang walet adalah cara pencucian sarang walet yang jumlahnya sangatlah banyak. umumnya cara ini dikerjakan bukan hanya oleh tenaga manusia saja namun dibantu dengan memakai mesin menjadi alat penggeraknya.

Metode 2 cara diatas maksudnya tetaplah sama yakni untuk membersihkan sarang walet dari bulu-bulu serta kotoran yang masih ada pada sarang walet tersebut.

Di sini kami cuma menyampaikan cara mencuci sarang walet yang benar dalam skala kecil :
Cara Pencucian

1. Sediakan alat-alat yang diperlukan, lalu masukan sarang walet kedalam baskom kemudian tuang air bersih untuk merendam sarang walet.
2. Bersihkan sarang walet dengan memakai sikat dengan perlahan hingga kotoran serta bulu-bulu yang menempel hilang.
3. Potong sisi kaki sarang apabila terlampau besar dan di bagian dinding sarang yang terlampau tebal mesti di keluarkan terlebih dulu.
4. Angkat serta celupkan kembali kedalam baskom yang lain lalu dibersihkan sekali lagi dengan memakai sikat dengan cara perlahan sampai betul-betul bersih.
5. Sesudah bersih angkat kembali sarang walet serta masukan kedalam baskom yang lain rendam sampai kotoran yang melekat larut di air.
6. Sesudah bersih lalu keringkan dengan memakai handuk kain yang lembut untuk menyerap air pada sarang sampai merasa lebih kering supaya mutunya tetaplah terjaga.
7. Diamkan sarang walet beberapa waktu supaya air meresap untuk memudahkan dalam proses pencabutan bulu serta kotoran yang tersisa.
8. Bersihkan kembali lagi dengan cara mencabut semua bulu yang ada pada sarang dengan memakai alat pinset.
9. Basuh lalu masukan sarang kedalam baskom yang diisi air untuk buang sisa kotoran serta bulu-bulunya.
10. Angkat sarang lalu tempatkan pada cetakan lalu jepit dan gantung untuk dikeringkan. Angin-anginkan sarang walet sepanjang 24 jam didalam ruangan dengan pendingin, sistem pengeringan dapat juga memakai mesin pengerin.
11. Sesudah sarang walet betul-betul kering lalu masukan ke toples atau tempat untuk menyimpan.