Banyak para pengusaha distributor sarang burung walet memilihara walet dengan membuat sarang burung walet dengan melihat contoh sarang burung walet yang menggunakan kayu dan beton. untuk Kayu yang mau dijadikan sirip sebagusnya kayu bagian dalam bukan bagian luar yang dekat kambrium dan kayu tersebut harus bebas dari pengawet. Pada umumnya kayu tersebut dikeringkan dengan cara oven atau diangin-anginkan sampai kering.

Hal ini untuk mencegah keretakan atau melengkungnya kayu serta menaikkan jamur atau serangga yang terbawa dari kayu mentah. Jenis kayu yang bisa dipakai:

Kayu yang umum dipakai para peternak adalah kayu Meranti karena harganya jauh lebih terjangkau dan banyak di pasaran serta kayunya lebih empuk dan punya daya tahan yang cukup lama.

Contoh Sarang Burung Walet

Bidang papan sirip yang lebar jangan diserut hal ini untuk memudahkan burung untuk hinggap dan untuk sekarang banyak sirip yang dibuat atau dibikin alur dan ukuran sirip itu berkisar 10-20 cm tergantung selera dan teknik yang dipakai. Jarak antar sirip pada umumnya orang membuat antara 30-50 dengan memprediksikan bentangan sayap walet selebar +/- 26 cm.

 

Adapun Contoh Sarang Burung Walet Kayu Dan Beton :