Sebelum membahas peluang industri sarang burung walet ada baiknya Anda mengetahui apa itu burung walet? Walet sering disalah artikan menjadi burung layang-layang namun pada intinya merupakan dua spesies yang berlainan. Burung walet datang dari keluarga ‘Apodidae’ serta memiliki perilaku tidak sukai bertenggek. Sarangnya juga bisa dapat di komsumsi. untuk burung layang-layang yang berasal dari keluarga burung ‘Hirudininae’, suka bertenggek, dan sarangnya tidak bisa dikonsumsi kerana ia dibuat dari pada rumput serta batu.

Terdapat dua spesies burung walet yang sarangnya bisa dikonsumsi yakni ‘Aerodramus Fuciphagus’ (edible nest-swiflet) serta ‘Aerodramus Maximus’ (black nest-swiflet). keEdua spesies ini banyak didapati di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia serta Indonesia.

Industri Sarang Burung Walet

Burung walet membutuhkan suhu di sekitaran pada 26-31 darajat celsius serta kesukaannya hidup berpasang-pasangan. Anak burung walet yang baru menetas bakal buta sepanjang 20 hari serta jika berumur 7-9 hari, ia bakal mulai menelan bolus serangga serta mulai minum pada umur 10 hari. Burung walet suka memakan serangga serta semua aktivitas yang dikerjakan yaitu saat terbang kerana spesies ini tidak bisa bertenggek. Aktivitas itu termasuk makan, minum, serta dan sebagainya. Kesemua kesibukan ini juga akan dikerjakan di udara serta ia hanya mau pulang ke sarang pada saat senja untuk istirahat serta bertelur.

Industri burung walet mempunyai potensi yang cukup besar serta menjadi pilihan paling utama pebisnis hingga saat ini. Bila diliat kembali dari sisi histori sarang burung walet banyak ditemukan di gua-gua. akan tetapi saat ini karena harga jual sarang burung walet sangat tinggi banyak masyarakat memelihara burung walet dengan cara membangun gedung-gedung yang tinggi dan mengundang burung walet dengan cara membunyikan kaset suara walet di gedung tersebut.

Keinginan industri sarang burung walet paling besar untuk market sarang burung walet saat ini tentunya dari negara China yang meyakini manfaat produk ini mulai sejak ratusan tahun. Sarang burung walet memperoleh keinginan yang tinggi di China dimana sarang tersebut di buat menjadi sup sarang burung dan itu menjadi pengukur sebagai tingginya derajat masyarakat pada masa itu. Harga untuk satu kg produk tersebut bisa mencapai 17 juta/kilo gram. akan tetapi, saat ini banyak distributor sarang walet di indonesia yang menjual dengan cara eceran yang artinya dapat di beli per gram dengan harga yang sangat murah. jadi anda merasakan dan menikmati khasiat sarang burung walet tersebut.